Widgets

Apa itu Radio Internet ??

Posted by Fajar on Saturday, January 28, 2012

Radio internet atau juga biasa disebut radio streaming sebenarnya adalah generasi penerus dari radio konvensional/analog yang sudah kita kenal sejak dulu tetapi radio internet menggunakan koneksi internet sebagai media penyiarannya.

Pada dasarnya Radio internet sama dengan radio analog biasa. hanya saja radio analog membutuhkan sinyal transmisi agar siaran sebuah radio sampai ke radio yang kita mainkan, lalu sinyal dari stasiun radio tersebut diubah menjadi suara oleh pesawat radio tersebut.

Sedangkan radio internet tidak menggunakan sinyal transmisi sebagai media penyiarannya melainkan menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan siarannya daam bentuk data digital lalu diubah dalam bentuk suara oleh media payer yang anda gunakan. cara ini digunakan agar suara memiliki kuallitas yang bagus karena data digital mempuyai kualitas lebih dibandingakan dengan sinyal transmisi pada radio biasa.

Ada beberapa keunggulan radio internet dibandingkan radio analog, yaitu :

  1. suara yang dihasilkan jauh lebih jernih dan jelas. jadi pendengar lebih puas dengan kualitas siaran ataapun lagu yang mereka dengarkan
  2. dengan menggunakan radio internet para pendengar bisa mendengarkan siaran di manapun mereka berada karena radio internet tidak menggunakan sinyal transmisi yang hanya bisa menjangkau daerah disekitarnya biasanya dalam kota
  3. tidak akan terjadi penumpukan frekwensi dengan radio lain yang akan membuat pendengar terganggu sebab menggunakan konsep data digital yang tidak memungkinkan hal ini terjadi
  4. pendengar juga bisa merekam siaran radio yang mereka dengarkan
  5. bisa mendengarkan semua siaran radio NASIONAL maupun INTERNASIONAL
Itulah beberapa penjelasan tetang radio internet dari saya, selanjutnya akan dibahas tentang cara mendengarkan radio internet. jangan lupa untuk mengomentari tulisan ini, komentar apapun akan diterima dengan besar hati. dan yang terakhir jangan lupa untuk SHARE halaman ini. Sampai jumpa.

please take out with full credit : http://fajarsuwon.blogspot.com
<a href="http://www.alexa.com/data/details/traffic_details?url=http://fajarsuwon.blogspot.com/"></a>
Selamat Mendengarkan~

{ 4 comments... read them below or add one }

Obat Asam Urat said...

postingan yang bagus tentang apa itu radio internet

Anonymous said...

maaf, kalau boleh tau, ada daftar pustakanya tidak dari tulisan ini? soalnya saya sedang menyusun skripsi. mohon batuannya ya. terima kasih. feliciawulahya@gmail.com.

Fajar said...

ha? daftar pustaka??
gak ada deh kayaknya, kan ini tulisan saya sendiri

Anonymous said...

bener-bener tulisan dari pemikiran anda sendiri ya? tidak ada sumber pastinya?

Post a Comment

Gunakan hak anda untuk mengomentari atau memberi saran kepada penulis